LINGKUNGAN
PERUSAHAAN DI INDONESIA
Pengertian dan peran lingkungan perusahaan dalam penciptakan nilang
barang dan jasa
Lingkungan perusahaan adalah sekumpulan sumber daya,kekuatan dan
lembaga yang memiliki pengaruh terhadap perusahaan dalam menciptakan nilai
barang dan jasa.Adapun yang dimmaksud dengan nilai adalah kumpulan manfaat yang
dapat di berikan suatu produk.nilai suatu barang dan jasa dapat dilihat dari
dua perspektif yaitu nilai dilihat dari
sudut pandang konsumen adalah suatu produk akan memiliki nilai yang semakin
tinggi dari sudut konsumen degan hargayang sama memperoleh produk yang lebih
baik dan nilai dilihat dari sudut pandang perusahaan adalah kesediaan pembeli
untuk membayar hargayang di keluarkan perusahaan produk itu menghasilkan uang.
Pencptaan Nilai
Penciptaan nilai dari barang dan jasa kaitanya dengan lingkungan
perusahaan terjadi dalam tiga tahapan
1.
Penciptakan nilai pada tahap input
Cara perusahaan memelih dan memperoleh input yang di perlukan untuk
menghasilkan baranng dan jasa akan
sangat menentukan berapa besar nilai yang dpat diciptakan oleh perusahaan pada
tahap ini
2.
Penciptakan nilai pada proses
Pada tahapan ini perusahaan mengunakan berbagai keungulan teknologi
produksi dana kemampuan SDM untuk meghasilkan produk yang uggul di banding
produk pesaing.
3.
Penciptakan nilai pada tahap output
Perusahaan melakukan distribusi produk dan pelayanan kepada
konsumen berbagai layanan di berikan dapat menciptakan nilai bagi konsumen
Pendekatan pengelompokan dengan menggunakan perusahaan sebagai unit
analisis
Dengan menggunakan perusahaab secara keseluruan sebagai
analisis,lingkungan dapat dilihatsebagi kumpulan sumber daya kekuatandsn
lembaga yang mempengarui kinerja selurunya,berdasarkan perspektif ini
lingkungan dibagi jadi tigakelompok yaitu
1.
Lingkungan khusus
Suatu perusahaan terdiri dari para pemegang pemangku kepentingan di
luar perusahaan yang scara langsung mempengarui kemampuan organisasi
untukmemperoleh sumber daya ekonomi,sehingga dapat mempengarui kinerja
perusahaan
2.
Limgkungan umum
Terdiri dari berbagai kekuatan yang akan mempengarui perusahaan
secara umum untuk memperoleh sumber daya ekonomi
Lingkungan khusus perusahaan terdiri dari
§
Pemasok ( suppliers )
Kulalitas dari harga bahn baku yang di sediakan oleh pemasok sangat
mempengarui kinerja perusahaan,pemasok mencangkup lembaga lembag yang
mwnyediakan pembiayaan,sdm,pemegang saham,bank,asuransi dll.
§
Pesaing ( competitors )
2 perusahaan yang memiliki produk yang berlainan akan tetapi
fungsinya sama dan harganya beda maka konsumen akan memilih salah satu produk
tersebut sehinnga 2 perusahaan besaing
§
Pelanggan
Perusahaan memenuhi kebutuahan dan keinginan pelanggan,memahami
kebutuhan konsumen muntuk menjadi perusahhan yang unggul karena loyalia
kinsumen berpengaruh terhadap kelangsungan hidup pekanggan
§
Penyalur
Saluran distribusi akan
menentukan tingkat cakupan pasar yang dapat di capi oleh
perusahaan,saluran distribusi dapat menciptakan kegunaan tempat sehinggaproduk
perusahaan dapet di peroleh konsumen
§
Kreditor
Salah satu penyedia sumber pendanaan paling penting bagi
perusahaan,bank sangat berpengaruh untuk memperoleh sumberdaya keuangan
Lingkungan umum perusahaan terdiri dari
§
Kekuatan ekonomi
Kekuatan ekonomi memiliki pengaruh makro terhadap kinerja
perusahaan yang ada di indonesias SECARA KESELURUAN
§
Kekuatan internasional
Sebagai sistem perekonomian yang terbuka,sistem ekonomi indonesia
sangat di pengarui situasi ekonomi dan perdagangan internasional
§
Kekuatan demografi dan budaya
Perubahan demografi dan budaya telah melairkan berbagai peluag
pasar baru bagi perusahaan
§
Kekuatan politik
Kekuatan ang akan mempengarui bisnis secara umum adalah situasi
politik suatu negara
§
Kekuatan Teknologi
Memberi perubahan dan pengaruh besar bagi perusahaan sehingga
memproduksi dan memasarkan produk secara cepat dengan perkembangan teknologi
tersebut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar