Kamis, 07 April 2016

bab 5 pemasaran bisnis

LINGKUNGAN PERUSAHAAN DI INDONESIA

Pengertian dan peran lingkungan perusahaan dalam penciptakan nilang barang dan jasa
Lingkungan perusahaan adalah sekumpulan sumber daya,kekuatan dan lembaga yang memiliki pengaruh terhadap perusahaan dalam menciptakan nilai barang dan jasa.Adapun yang dimmaksud dengan nilai adalah kumpulan manfaat yang dapat di berikan suatu produk.nilai suatu barang dan jasa dapat dilihat dari dua perspektif yaitu nilai  dilihat dari sudut pandang konsumen adalah suatu produk akan memiliki nilai yang semakin tinggi dari sudut konsumen degan hargayang sama memperoleh produk yang lebih baik dan nilai dilihat dari sudut pandang perusahaan adalah kesediaan pembeli untuk membayar hargayang di keluarkan perusahaan produk itu menghasilkan uang.
Pencptaan Nilai
Penciptaan nilai dari barang dan jasa kaitanya dengan lingkungan perusahaan terjadi dalam tiga tahapan
1.      Penciptakan nilai pada tahap input
Cara perusahaan memelih dan memperoleh input yang di perlukan untuk menghasilkan baranng dan jasa  akan sangat menentukan berapa besar nilai yang dpat diciptakan oleh perusahaan pada tahap ini
2.      Penciptakan nilai pada proses
Pada tahapan ini perusahaan mengunakan berbagai keungulan teknologi produksi dana kemampuan SDM untuk meghasilkan produk yang uggul di banding produk pesaing.
3.      Penciptakan nilai pada tahap output
Perusahaan melakukan distribusi produk dan pelayanan kepada konsumen berbagai layanan di berikan dapat menciptakan nilai bagi konsumen
Pendekatan pengelompokan dengan menggunakan perusahaan sebagai unit analisis
Dengan menggunakan perusahaab secara keseluruan sebagai analisis,lingkungan dapat dilihatsebagi kumpulan sumber daya kekuatandsn lembaga yang mempengarui kinerja selurunya,berdasarkan perspektif ini lingkungan dibagi jadi tigakelompok yaitu
1.      Lingkungan khusus
Suatu perusahaan terdiri dari para pemegang pemangku kepentingan di luar perusahaan yang scara langsung mempengarui kemampuan organisasi untukmemperoleh sumber daya ekonomi,sehingga dapat mempengarui kinerja perusahaan
2.      Limgkungan umum
Terdiri dari berbagai kekuatan yang akan mempengarui perusahaan secara umum untuk memperoleh sumber daya ekonomi
Lingkungan khusus perusahaan terdiri dari
§  Pemasok ( suppliers )
Kulalitas dari harga bahn baku yang di sediakan oleh pemasok sangat mempengarui kinerja perusahaan,pemasok mencangkup lembaga lembag yang mwnyediakan pembiayaan,sdm,pemegang saham,bank,asuransi dll.
§  Pesaing ( competitors )
2 perusahaan yang memiliki produk yang berlainan akan tetapi fungsinya sama dan harganya beda maka konsumen akan memilih salah satu produk tersebut sehinnga 2 perusahaan besaing

§  Pelanggan
Perusahaan memenuhi kebutuahan dan keinginan pelanggan,memahami kebutuhan konsumen muntuk menjadi perusahhan yang unggul karena loyalia kinsumen berpengaruh terhadap kelangsungan hidup pekanggan
§  Penyalur
Saluran distribusi akan  menentukan tingkat cakupan pasar yang dapat di capi oleh perusahaan,saluran distribusi dapat menciptakan kegunaan tempat sehinggaproduk perusahaan dapet di peroleh konsumen
§  Kreditor
Salah satu penyedia sumber pendanaan paling penting bagi perusahaan,bank sangat berpengaruh untuk memperoleh sumberdaya keuangan
Lingkungan umum perusahaan terdiri dari
§  Kekuatan ekonomi
Kekuatan ekonomi memiliki pengaruh makro terhadap kinerja perusahaan yang ada di indonesias SECARA KESELURUAN
§  Kekuatan internasional
Sebagai sistem perekonomian yang terbuka,sistem ekonomi indonesia sangat di pengarui situasi ekonomi dan perdagangan internasional
§  Kekuatan demografi dan budaya
Perubahan demografi dan budaya telah melairkan berbagai peluag pasar baru bagi perusahaan
§  Kekuatan politik
Kekuatan ang akan mempengarui bisnis secara umum adalah situasi politik suatu negara
§  Kekuatan Teknologi

Memberi perubahan dan pengaruh besar bagi perusahaan sehingga memproduksi dan memasarkan produk secara cepat dengan perkembangan teknologi tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar