Senin, 11 April 2016

MEMAHAMI PENGERTIAN,RUANG LINGKUP DAN PERANAN BISNIS

 BAB 1

PENGERTIAN BISNIS
Menurut Steinhoff (1979.5) ,”business is all those activities involved in providing the goods and services needed or desired by people “ ( bisnis adalah segala kegiatan yang berkaitan dengan penyediaan barang dan jasa yang dibutuhkan atau diinginkan oleh orang ).
Produk yang dihasilkan dan diperdagangkan oleh kegiatan bisnis secara keseluruhan mencakup :
1. Tangible goods (Nampak),
2. Intangible goods (jasa).
Bisnis adalah segala kegiatan yang berkaitan dengan penyediaan barang dan jasa yang dibutuhkan atau yang diinginkan orang lain . Pengertian bisnis menurut Grifin dan Abert (1996) “ Busines is an organization that provider goods or services in order to earn profit

FUNGSI-FUNGSI BISNIS
Menurut Steinhoff (1979: 17), “fungsi  yang dilakukan oleh aktifitas bisnis dapatdikelompokkan ke dalam tiga fungsi dasar,yaitu :
1. Acquiring raw materials (memperoleh bahan baku),
2. Manufacturing raw materials into product (mengelola bahan baku),
3. Distributing product to cunsumers (mendistribusikan produk kepada konsumen).

KONSUMEN BISNIS
Dilihat dari sisi konsumen sebagai pembeli produk perusahaan (buyer), maka pembeli produk perusahaan dari segmen business customers dapat dibagi dalam 4 kategori :
1. Companies that consume (untuk dijadikan sebagai bagian dari produk akhir perusahaan),
2. Government agencies (pemerintah merupakan pembeli terbesar produk-produk  tertentu yang dihasilkan oleh perusahaan),
3. Institutions (mencakup berbagai organisasi seperti sekolah,dsb),
4.Resellers (mencakup berbagai perusahaan yang melakukan pembelian produk dari produsen untuk dijual kembali kepada konsumen).
TUJUAN BISNIS
Para pelaku bisnis melakukan ktivitas bisnis untuk mencapai berbagai tujuan. Tujuan dapat dirumuskan sebagai hasil akhir yang ingin dicapai oleh para pelaku bisnis dari bisnis yang dilakukan.
Menurut Peter Drucker (1968: 83) tujuan bisnis mencakup :
-                      Market standing
Penguasaan pasar (market standing) merupakan salah satu tujuan utama perusahaan. Penguasaan pasar akan memberikan jaminan bagi perusahaan untuk memperoleh pendapatan penjualan (sales revenue) dan profit dalam jangka panjang. Perusahaan hatus mampu membaca potensi pasar dan arah persaingan pada masa yang akan datang, sehingga produk perusahaan tidak akan tersisih dari pasar oleh produk saingan.
-                      Innovation
Menurut Drucker (1969: 90) terdapat dua jenis inovasi pada setiap bisnis. Pertama, inovasi produk atau jasa. Kedua, inovasi berbagai keahlian (skill) dan aktivitas – aktivitas yang diperluakan untuk menghasilkan inovasi jenis pertam tersebut. inovasi berkaitan dengan penciptaan nilai yang akan memberi konsumen kepuasan lebih besar untuk setiap rupiah yang dibelanjakan. Konsumen sebagi pembeli bersedia menukar uang yang mereka miliki dengan barang dan jasa kafrena barang dan jasa tersebut memiliki nilai (value). Oleh sebab itu tujuan bisnis melalui inovasi adalah menciptakan nilai pada sutu produk.
-                      Physical and financial resources
Kemampuan perusahaan dalam penguasaan terhadap sumber daya fisik, perusahaan harus memiliki penguasaan sumber daya keuangan yang memadai. Perusahaan apapun jenisnya harus memiliki tujuan penguasaan terhadap sumber daya fisik dan keuangan.
-                      Profitability
Bisnis yang dilakukan para pelaku bisnis tidak hanya mengandalkan keuntungan / laba sesaat, melainkan diharapkan dengan adanya laba maka perusahaan dapat menumbuhkembangkan usahanya menjadi usaha yang semaakin besar dan semakin mengunungkan,
-                      Manager performance and development
Manajer merupakan orang yang secara operasional bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan organisasi. Manajer perlu memiliki pengetahuan, kemampuan dan perilaku tertentu yang berkaitan dengan profesinya.
Gitman (2006) menambahkan bahwa tujuan utama yang ingin dicapai oleh aktiva bisnis yang dilakukan perusahaan adalah stockholders’ wealth maximization. Dimana para [elaku usaha mendirikan perusahaan dengan harapan usaha yang dibangun mampu memberikan keuntungan (profit) yang akan menambah kekayaan para pengusaha tersebut.
-                      Worker performance and attitude
Hal perting yang harus diketahui oleh perusahaan adalah sikap para karyawan terhadap pekerjaan dan juga perusahaan. Sikap ini terkait dengan kondisi kerja dan kompensasi yang diterima oleh karyawan. Oleh sebab itu, untuk kepentingan jangka panjangnya, perusahaan harus membuat tujuan yang spesifik terkait dengan pemeliharaan dan pengembangan karyawan agar karyawan – karyawan tersebut dapat bekerja dengan baik.
-                      Publik responsibility

Bisnis harus memiliki tanggung jawab sosial seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya polusi, menciptakan lapangan kerja dll. Saat ini perusahaan yang melakukan kegiatan produksi barang dan jasa semakin didorong untuk mengadopsi suatu kebijakan environmental sustainability yaitu pengembangan strategi usaha yang dapat memelihara lingkungan hidup secara berkelanjutan dimana pada saat yang sama perusahaan dapat menghasilkan laba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar