BAB
1
PENGERTIAN BISNIS
Menurut Steinhoff
(1979.5) ,”business is all those activities involved in providing the goods and
services needed or desired by people “ ( bisnis adalah segala kegiatan yang
berkaitan dengan penyediaan barang dan jasa yang dibutuhkan atau diinginkan
oleh orang ).
Produk yang dihasilkan
dan diperdagangkan oleh kegiatan bisnis secara keseluruhan mencakup :
1. Tangible goods (Nampak),
2. Intangible goods (jasa).
Bisnis adalah segala
kegiatan yang berkaitan dengan penyediaan barang dan jasa yang dibutuhkan atau
yang diinginkan orang lain . Pengertian bisnis menurut Grifin dan Abert (1996)
“ Busines is an organization that provider goods or services in order to earn
profit
FUNGSI-FUNGSI BISNIS
Menurut Steinhoff
(1979: 17), “fungsi yang dilakukan oleh
aktifitas bisnis dapatdikelompokkan ke dalam tiga fungsi dasar,yaitu :
1. Acquiring raw materials (memperoleh
bahan baku),
2. Manufacturing raw materials into
product (mengelola bahan baku),
3. Distributing product to cunsumers
(mendistribusikan produk kepada konsumen).
KONSUMEN BISNIS
Dilihat dari sisi
konsumen sebagai pembeli produk perusahaan (buyer), maka pembeli produk
perusahaan dari segmen business customers dapat dibagi dalam 4 kategori :
1. Companies that consume (untuk
dijadikan sebagai bagian dari produk akhir perusahaan),
2. Government agencies (pemerintah
merupakan pembeli terbesar produk-produk
tertentu yang dihasilkan oleh perusahaan),
3. Institutions (mencakup berbagai
organisasi seperti sekolah,dsb),
4.Resellers
(mencakup berbagai perusahaan yang melakukan pembelian produk dari produsen
untuk dijual kembali kepada konsumen).
TUJUAN BISNIS
Para pelaku bisnis
melakukan ktivitas bisnis untuk mencapai berbagai tujuan. Tujuan dapat
dirumuskan sebagai hasil akhir yang ingin dicapai oleh para pelaku bisnis dari
bisnis yang dilakukan.
Menurut Peter Drucker (1968: 83) tujuan
bisnis mencakup :
-
Market standing
Penguasaan pasar
(market standing) merupakan salah satu tujuan utama perusahaan. Penguasaan
pasar akan memberikan jaminan bagi perusahaan untuk memperoleh pendapatan
penjualan (sales revenue) dan profit dalam jangka panjang. Perusahaan hatus
mampu membaca potensi pasar dan arah persaingan pada masa yang akan datang,
sehingga produk perusahaan tidak akan tersisih dari pasar oleh produk saingan.
-
Innovation
Menurut Drucker
(1969: 90) terdapat dua jenis inovasi pada setiap bisnis. Pertama, inovasi
produk atau jasa. Kedua, inovasi berbagai keahlian (skill) dan aktivitas –
aktivitas yang diperluakan untuk menghasilkan inovasi jenis pertam tersebut.
inovasi berkaitan dengan penciptaan nilai yang akan memberi konsumen kepuasan
lebih besar untuk setiap rupiah yang dibelanjakan. Konsumen sebagi pembeli
bersedia menukar uang yang mereka miliki dengan barang dan jasa kafrena barang
dan jasa tersebut memiliki nilai (value). Oleh sebab itu tujuan bisnis melalui
inovasi adalah menciptakan nilai pada sutu produk.
-
Physical and
financial resources
Kemampuan
perusahaan dalam penguasaan terhadap sumber daya fisik, perusahaan harus
memiliki penguasaan sumber daya keuangan yang memadai. Perusahaan apapun
jenisnya harus memiliki tujuan penguasaan terhadap sumber daya fisik dan
keuangan.
-
Profitability
Bisnis yang
dilakukan para pelaku bisnis tidak hanya mengandalkan keuntungan / laba sesaat,
melainkan diharapkan dengan adanya laba maka perusahaan dapat
menumbuhkembangkan usahanya menjadi usaha yang semaakin besar dan semakin
mengunungkan,
-
Manager
performance and development
Manajer merupakan orang yang secara operasional
bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan organisasi. Manajer perlu memiliki
pengetahuan, kemampuan dan perilaku tertentu yang berkaitan dengan profesinya.
Gitman (2006)
menambahkan bahwa tujuan utama yang ingin dicapai oleh aktiva bisnis yang
dilakukan perusahaan adalah stockholders’ wealth maximization. Dimana para
[elaku usaha mendirikan perusahaan dengan harapan usaha yang dibangun mampu
memberikan keuntungan (profit) yang akan menambah kekayaan para pengusaha
tersebut.
-
Worker performance and attitude
Hal perting yang harus
diketahui oleh perusahaan adalah sikap para karyawan terhadap pekerjaan dan
juga perusahaan. Sikap ini terkait dengan kondisi kerja dan kompensasi yang
diterima oleh karyawan. Oleh sebab itu, untuk kepentingan jangka panjangnya,
perusahaan harus membuat tujuan yang spesifik terkait dengan pemeliharaan dan
pengembangan karyawan agar karyawan – karyawan tersebut dapat bekerja dengan
baik.
-
Publik responsibility
Bisnis harus memiliki
tanggung jawab sosial seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah
terjadinya polusi, menciptakan lapangan kerja dll. Saat ini perusahaan yang
melakukan kegiatan produksi barang dan jasa semakin didorong untuk mengadopsi
suatu kebijakan environmental sustainability yaitu pengembangan strategi usaha
yang dapat memelihara lingkungan hidup secara berkelanjutan dimana pada saat
yang sama perusahaan dapat menghasilkan laba.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar